Wednesday, December 16, 2020

Petunjuk-petunjuk menyusui sikecil

 

Menyusui

Menyusui memiliki banyak manfaat untuk bayi Anda. ASI kaya akan nutrisi. Ia memiliki antibodi, yang membantu melindungi bayi Anda dari infeksi. Ini juga dapat membantu mencegah sindrom kematian bayi mendadak (SIDS). Bayi yang disusui cenderung memiliki alergi, asma, dan diabetes. Mereka juga cenderung menjadi kelebihan berat badan. Menyusui juga bermanfaat bagi Anda. Lebih murah daripada menggunakan formula. Anda tidak perlu mencuci botol atau mencampur susu formula. Ini membantu rahim Anda kembali ke ukuran normal setelah melakukan peregangan selama kehamilan. Ini dapat membantu Anda menurunkan berat badan lebih cepat. Ini dapat menunda pengembalian menstruasi Anda. Namun, Anda tidak harus mengandalkannya untuk mencegah kehamilan. Menyusui membantu menyediakan waktu bagi Anda untuk dekat dengan bayi Anda. Wanita yang menyusui memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2, kanker payudara, kanker ovarium, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung seperti yang dilansir dari kabar kaltim hari ini terbaru.


Jalan menuju peningkatan kesehatan

Menyusui meningkatkan kesejahteraan bagi Anda dan bayi Anda. Meskipun merupakan bagian alami dari proses melahirkan, itu tidak selalu mudah. Banyak wanita membutuhkan bantuan belajar cara menyusui. Akademi Dokter Keluarga Amerika (AAFP) merekomendasikan bahwa semua dokter memberikan bantuan kepada wanita selama kehamilan dan setelah kelahiran untuk mendukung menyusui. Dokter Anda dapat merekomendasikan menyusui setidaknya selama 6 bulan pertama kehidupan bayi Anda. Di bawah ini adalah tips bermanfaat untuk membantu Anda memulai awal yang baik.


Sebelum kamu melahirkan

Selama kehamilan, hal-hal berikut dapat mempersiapkan Anda untuk menyusui.


1. Perawatan prenatal. Sangat penting untuk merawat diri sendiri dan bayi Anda. Bayi yang lahir dini (prematur) mengalami masa sulit menyusui.


2. Bicaralah dengan dokter Anda. Pastikan dokter Anda tahu Anda berencana untuk menyusui. Mereka dapat memberi Anda beberapa sumber daya. Ajukan pertanyaan tentang jenis perawatan apa yang disediakan rumah sakit setelah kelahiran. Beberapa menawarkan konsultan laktasi, yang merupakan spesialis menyusui.


3. Kelas menyusui. Beberapa wanita menemukan bahwa mengikuti kelas dapat membantu mereka berlatih untuk hal yang nyata.


4. Item menyusui. Rencanakan ke depan dengan membeli barang yang Anda butuhkan. Ini dapat mencakup bantal menyusui, bra menyusui, dan selimut. Beberapa rumah sakit dan paket asuransi menyediakan pompa payudara gratis.


Setelah bayi Anda lahir, payudara Anda akan mulai penuh. Pada awalnya, tubuh Anda akan menghasilkan "pra-ASI" yang disebut kolostrum. Ini bisa tipis dan berair atau tebal dan lebih berwarna kuning. Pra-ASI memiliki aliran yang lebih lambat untuk membantu bayi Anda belajar menyusui. Setelah 3 hingga 4 hari menyusui, ASI asli Anda akan masuk. Sebagian besar bayi siap menyusu 1 hingga 2 jam setelah lahir. Di bawah ini adalah panduan langkah demi langkah tentang cara menyusui.


1. Cuci tangan sebelum menyusui.

2. Tempatkan bayi Anda di salah satu posisi menyusui (garis besar di bawah).

3. Letakkan ibu jari tangan bebas Anda di atas payudara dan jari-jari Anda yang lain di bawah.

4. Sentuh bibir bayi Anda ke puting Anda sampai bayi Anda membuka mulutnya lebar-lebar.

5. Masukkan puting sampai ke mulut bayi dan tarik bayi ke dekat Anda. Ini memungkinkan rahang bayi meremas saluran susu di bawah areola (puting) Anda.


Ketika bayi Anda “terkunci,” dengan cara yang benar, kedua bibir harus mencibir dan menutupi hampir semua areola Anda. Rahang bayi Anda harus mulai bergerak maju dan mundur. Bayi Anda mungkin mengeluarkan suara menelan yang bernada rendah. Jika Anda merasakan sakit saat bayi Anda menyusu, ia mungkin tidak terkunci. Hidung bayi Anda dapat menyentuh payudara Anda saat menyusui. Hidung bayi dirancang untuk memungkinkan udara masuk dan keluar. Jika Anda khawatir bayi Anda tidak dapat bernapas dengan mudah, tekan lembut payudara Anda di dekat hidung bayi Anda untuk memberi mereka lebih banyak ruang untuk bernapas. Bayi Anda tidak harus memalingkan kepalanya atau merenggangkan lehernya untuk menyusui.

Related Posts

Petunjuk-petunjuk menyusui sikecil
4/ 5
Oleh