Wednesday, December 11, 2019

Hati-Hati! Inilah Ciri-Ciri Seseorang Mengalami Depresi

Perasaan

Banyak orang yang salah kaprah, karena depresi sering disamakan dengan rasa tertekan atau sedih yang terlalu dalam. Padahal kenyataannya orang yang sedang bersedih atau merasa tertekan belum tentu mengalami depresi

Jika rasa sedih tersebut hanya berlangsung sesaat, tentu masih tergolong wajar. Namun jika rasa sedih, kehilangan semangat hidup, putus asa, merasa kosong, dan merasa tidak berharga terjadi selama berhari-hari bahkan hingga kurun waktu 2 minggu tak kunjung hilang, bisa jadi seseorang tersebut mengalami depresi. 

Hingga saat ini, penyebab tunggal dari depresi belum ditemukan, karena depresi dapat dipicu dari berbagai hal. Namun biasanya, depresi dapat muncul dari beberapa peristiwa traumatis yang terjadi dalam kehidupan seperti kandas atau rusaknya suatu hubungan, kematian orang yang dicintai, hingga stres berkepanjangan karena berbagai masalah.

Namun tak hanya itu, orang-orang dengan tingkat kepercayaan diri yang rendah dan sering menyalahkan diri sendiri juga bisa memicu depresi. Jika ada riwayat keluarga yang pernah mengalami depresi, juga berpengaruh pada munculnya depresi pada seseorang. Selain itu, menderita penyakit kronis dan mengkonsumsi obat-obatan tertentu juga bisa memicu terjadinya depresi.

Untuk mengetahui lebih lengkapnya apa saja ciri-ciri orang yang mengalami depresi, simak penjelasan di bawah ini.

Ciri-Ciri Depresi dari Segi Psikologi

Merasa frustasi
Hilang semangat dan putus asa
Mengalami rasa cemas dan khawatir yang berlebihan
Secara emosional tidak stabil, sensitif, mudah menangis dan mudah marah
Hilangnya minat pada seks
Merasa tidak berharga
Selalu dihantui rasa bersalah
Kehilangan motivasi dan minat
Sulit berfikir dan berkonsentrasi
Pada depresi berat, timbul pemikiran untuk menyakiti diri sendiri bahkan mencoba bunuh diri

Ciri-Ciri Depresi dari Segi Fisik

Merasa lemas, selalu merasa lelah dan tidak berenergi
Nafsu makan yang berubah, bisa lebih sedikit atau bahkan lebih banyak dari biasanya
Berat badan yang berubah, bisa menurun atau meningkat
Sembelit
Merasa pusing tanpa sebab yang jelas
Pergerakan tubuh dan juga berbicara lebih lambat dari biasanya
Bagi perempuan, siklus menstruasi menjadi tidak teratur
Sulit tidur nyenyak

Bagaimana Penanganan yang Harus Dilakukan?
Orang-orang seringkali mengabaikan depresi, padahal depresi bisa berdampak buruk tak hanya bagi kesehatan mental, namun juga dapat mengancam kesehatan fisik dari si penderita. Jika anda atau orang tercinta mengalami ciri-ciri depresi seperti yang telah disebutkan diatas, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. 

Nantinya dokter akan merujuk untuk menemui psikolog atau psikiater guna menindaklanjuti dan memberikan pengobatan yang sesuai. Karena pengobatan depresi berbeda bergantung pada jenis depresi yang diderita oleh pasien. Umumnya, psikolog akan mendengarkan cerita para penderita melalui terapi bicara. Lalu psikiater, biasanya mengobati penderita yang membutuhkan terapi dan membutuhkan obat resep.

Itulah ciri-ciri seseorang mengalami depresi. Ternyata depresi akan lebih mudah untuk disembuhkan jika terdeteksi secara dini, untuk itu kenali dan waspada gejala depresi dan segera konsultasikan ke dokter.

Related Posts

Hati-Hati! Inilah Ciri-Ciri Seseorang Mengalami Depresi
4/ 5
Oleh

1 komentar: