Friday, September 6, 2019

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Lampu Sein Jenis LED Pada Mobil

Lampu Sein LED Mobil

Pada mobil keluaran terbaru, berbagai teknologi terkini biasanya disematkan agar semakin handal dan menarik. Tak terkecuali pada bagian lampu. Kini hampir semua mobil keluaran pabrikan sudah dibekali dengan lampu berteknologi LED atau Light Emitting Diode. Banyak kalangan yang menilai lampu mobil jenis ini memiliki pencahayaan yang jauh lebih terang dibandingkan dengan lampu halogen. Karena hal inilah, tak sedikit pemilik kendaraan yang mobilnya masih menggunakan lampu jenis halogen turut beralih mengaplikasikan lampu sein jenis LED pada mobil.

Sama seperti jenis lampu mobil lainnya, lampu LED juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan tersendiri. Ada baiknya bagi Anda yang ingin memodifikasi lampu mobilnya dengan jenis ini untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Sehingga tidak membuat keputusan dari sisi baiknya saja, tanpa mempertimbangkan kekurangan yang mungkin bisa menyulitkan di kemudian hari. Nah, untuk itu bisa disimak yang berikut ini:

Kelebihan

Banyaknya pengguna kendaraan yang memilih lampu sein jenis LED pada mobil tentu bukan tanpa sebab. Hal ini lantaran jenis lampu yang satu ini dinilai memiliki banyak keunggulan yang tidak ditemukan jenis lampu lainnya seperti lampu halogen. Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki, yaitu:

Membutuhkan konsumsi daya yang lebih rendah, bisa hemat hingga 50% dibandingkan lampu bohlam standar.
Mampu menghasilkan cahaya yang lebih terang dan berwarna putih dibandingkan dengan jenis lampu bohlam standar.
Proses pemasangan yang relatif lebih mudah.
Harga yang relatif terjangkau dibandingkan dengan bohlam lampu original bawaan mobil atau lampu HID, sehingga lebih ramah di kantong.
Masa pakai lampu LED yang lebih lama dibandingkan dengan jenis lampu standar atau halogen. Dimana masa pakai lampu standar bisa hanya setengahnya dari masa pakai lampu LED. Misalnya jika pada lampu standar hanya bisa bertahan pada penggunaan dalam 1.000 jam, maka untuk lampu LED bisa bertahan lama hingga dua kali lipatnya. Namun masalah keawetan ini juga tergantung dari cara perawatannya juga.

Kekurangan

Setelah mengetahui berbagai kelebihan yang dimiliki oleh lampu LED jika digunakan pada mobil, maka selanjutnya Anda perlu mengetahui juga beberapa kekurangan yang dimiliki. Adapun kekurangannya adalah sebagai berikut:

Memerlukan komponen kipas untuk mendinginkan lampu. Sehingga ketika lampu dinyalakan akan terdengar suara bising kipas dari luar mobil.
Karet penutup dudukan lampu pada bagian belakang yang tidak bisa terpasang kembali. Jika menginginkan penutup lampu tetap terpasang, maka perlu melakukan pembesaran pada lubang diameter pada karet penutup dudukan lampu.
Warna putih pada nyala lampu LED tidak sebagus lampu bohlam standar saat digunakan pada kondisi jalanan yang hujan dan berkabut.
Cahaya lampu LED cukup mengganggu pengemudi lain karena sorot cahaya warna putihnya yang tembus hingga kaca mobil.

Itu tadi beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan lampu sein jenis LED pada mobil yang bisa Anda ketahui. Berbagai ulasan kelebihan dan kekurangan tersebut bisa Anda jadikan pertimbangan untuk memilih jenis lampu ini, ataukah lebih memilih jenis lampu mobil lainnya. Meskipun memiliki kekurangan dimana kurang bagus digunakan di kondisi cuaca hujan dan berkabut, namun kelebihan-kelebihan yang lainnya tentu perlu dipertimbangkan. Untuk Anda yang tertarik menggunakan jenis lampu LED untuk mobil Anda, pastikan Anda harus jeli dan teliti dalam memilihnya. Untuk ketepatan pemilihan lampu LED bisa Anda lihat berdasarkan satuan Kelvin. Adapun lampu LED dikatakan cukup baik pencahayaannya jika memiliki derajat Kelvin setidaknya 6.000. 

Related Posts

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Lampu Sein Jenis LED Pada Mobil
4/ 5
Oleh

1 komentar: