Sunday, March 10, 2019

Ciri Sakit Perut Sebelah Kanan karena Batu Empedu

Sakit Perut Sebelah Kanan


Batu empedu merupakan penyakit berbentuk bantuan kecil yang berasal dari masalah kolesterol di dalam tubuh. Batu ini akan menyumbat bagian empedu sehingga terasa sakit yang sangat kuat. Salah satunya sakit perut sebelah kanan. Ukuran dari batu empedu yang dialami setiap orang akan berbeda-beda. Berikut ini ciri sakit karena batu empedu yang akan dialami. 

1. Tubuh Tidak Sehat
Ciri batu empedu adalah Anda akan merasakan nyeri pada punggung di antara tulang baju kanan. Bahkan bisa sampai demam ketika mengalami masalah ini. Anda juga akan mengalami mual dan muntah jika rasa sakit semakin tidak tertahankan di bagian perut. Setelah muntah masih terasa tidak nyaman karena kadar gas yang masih banyak di dalam tubuh. 

Kondisi tubuh yang tidak sehat ini juga terasa dengan detak jantung yang cepat. Kondisi ini terjadi sebagai tanda adanya cairan yang keluar dari kantong empedu karena tersumbat dan mengalami infeksi. Jika mengalami kondisi ini penting untuk Anda segera melakukan pemeriksaan ke dokter yang ahli agar bisa segera ditindaklanjuti. 

2. Air Seni Berwarna Pekat
Ciri yang juga dialami ketika Anda terkena batu empedu adalah air seni akan berwarna pekat. Masalah ini terjadi karena Adanya bilirubin selama proses pencernaan yang mempengaruhi air seni. Jika Anda sudah mengalami urine dengan warna yang gelap berarti telah terjadi penyumbatan di bagian saluran empedu. 

Penting sekali untuk Anda segera melakukan tindaklanjut ketika mengalami sakit perut sebelah kanan. Konsumsilah air dengan cukup agar tidak mengalami dehidrasi dan urine akan kembali jernih. Pastikan Anda tidak kekurangan air agar rasa sakit karena penyakit batu empedu tidak semakin parah. 

3. Penyakit kuning
Selanjutnya Anda akan mengalami penyakit kuning yang disebabkan oleh konsentrasi bilirubin meningkat di dalam aliran darah. Penumpukan bilirubin di kulit akan membuat warna kulit menjadi menguning.  Sumbatan yang terjadi di aliran empedu ini akan membuat cairan empedu dari hati tidak bisa mengalir dengan lancar ke usus halus. 

Cairan akan kembali ke bagian hati dan masuk ke pembuluh darah. Jika masalah ini terus berlanjut Anda akan mengalami komplikasi dengan terjadinya penyumbatan pada bagian saluran pankreas. Peradangan yang terjadi akan membuat Anda mengalami nyeri perut yang terus menerus.

4. Diawali dengan Tifus
Batu empedu dapat terjadi karena adanya infeksi dari tifoid atau sakit tifus. Penyakit Tifus yang dialami merupakan muara kuman yang akan berakhir kantong empedu. Jadi Anda yang mengalami tifus harus waspada akan risiko terjadinya penyakit batu empedu. 

Apa pun jenis penyakit yang menyebabkan Anda mengalami sakit perut sebelah kanan harus segera dicari tahu dan dilakukan tindakan pengobatan. Jagalah kesehatan dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan tepat waktu. Jangan mengonsumsi makanan sembarangan yang tidak terjamin kebersihannya. 

Related Posts

Ciri Sakit Perut Sebelah Kanan karena Batu Empedu
4/ 5
Oleh

1 komentar: