Sunday, March 17, 2019

5 Cara Aman Menggunakan Headphone

Headphone menjadi kebutuhan bagi semua kalangan untuk mendengarkan musik atau untuk bertelepon agar tidak mengganggu orang yang di sekitarnya. Namun, apakah Anda mengetahui bahaya menggunakan headphone jika tidak sesuai dengan standar penggunaannya?  

Headphone

Pemakaian alat ini menjadi bahaya untuk kesehatan telinga karena suara dari handphone maupun laptop akan bersentuhan langsung dengan gendang telinga. Jadi apabila kita tidak memperhatikan cara penggunaannya, maka ini akan menyiksa telinga sendiri. Meskipun awalnya tidak terasa sakit, namun lambat laun ini akan menimbulkan sakit yang lebih.

Guna menghindari hal tersebut, Anda harus tahu betul bagaimana penggunaan alat ini. Lebih lengkapnya berikut akan diuraikan bagaimana cara tepat menggunakan headphone.

1. Mengatur Volume
Dalam menggunakan headphone pada handphone maupun laptop, kita perlu memperhatikan pengaturan volume yang diputar. Volume harus diatur dengan ukuran di bawah 85 dB atau tidak lebih dari 60% dari volume maksimum.  

Hal tersebut dapat menjaga stereocilla (rambut-rambut kecil yang berada di atas sel-sel rambut telinga bagian dalam). Stereocilla akan membawa pesan ke kimia melalui saraf ke otak. Jika stereocilla mengalami kerusakan, maka pesan tidak akan tersampaikan ke otak, sehingga telinga akan mengalami gangguan. 

2. Batasan Waktu Juga Diperhatikan
Selain memperhatikan pengaturan volume, batasan waktu juga harus diperhatikan karena semakin lama mendengarkan musik dengan menggunakan headphone, maka telinga tidak akan dapat berfungsi seperti biasanya. Suara bising yang bersentuhan langsung dengan telinga dapat merusak sistem-sistem di dalamnya. 

Batasan waktu maksimal 8 jam sehari dirasa cukup untuk mendengarkan musik dengan menggunakan headphone. Selebihnya dapat mengakibatkan gangguan pada telinga bahkan bisa mengakibatkan pusing karena apabila terlalu lama juga bisa membuat kepala maupun otak merasa lelah dengan suara tersebut.

3. Menggunakan Pada Tempatnya
Tidak dianjurkan menggunakan headphone saat mengendarai kendaraan maupun sedang bepergian karena akan membahayakan keselamatan diri. Tentu Anda pernah, atau bahkan sering mendengarkan musik menggunakan headphone untuk mengusir rasa kantuk dan bosan saat berkendara. 

Nah, sebaiknya jangan menggunakan alat ini saat mengemudi karena akan mengganggu konsentrasi saat mengendarai kendaraan, bahkan juga bisa ditilang oleh polisi. 

4. Memakai Saat Santai
Waktu santai biasanya dihabiskan untuk mendengarkan musik. Lalu agar tidak mengganggu aktivitas orang di sekitar, tentunya Anda akan mengambil headphone untuk mendengarkan musik dari handphone maupun laptop. Akan tatpi jika Anda sedang santai, sebaiknya jangan mendengarkan sambil tiduran, karena akan berdampak pada telinga dan kepala. 

Ukuran headphone yang besar dan melingkar di kepala akan dapat membuat kepala menjadi pusing. Hal tersebut juga mempengaruhi telinga karena dalam posisi tidur telinga akan tertekan oleh headphone. Hal tersebut sangat buruk dampaknya bagi telinga bahkan dapat mengakibatkan mati rasa pada telinga.

5. Menjaga Kebersihan Headphone 
Menjaga kebersihan headphone menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Apabila sponsnya kotor akan dapat menyebarkan bakteri pada telinga. Jika Anda meminjamkannya kepada orang lain, maka Anda harus rajin membersihkannya supaya tetap terjaga dari bakteri dan kotoran yang menempel. Selain headphone, menjaga kebersihan telinga juga penting agar telinga tetap normal mendengar suara-suara yang ditangkap oleh telinga. 

Demikianlah 5 cara aman menggunakan headphone yang dapat menjaga kenormalan telinga. Suara bising yang bersentuhan langsung dengan telinga dapat mengakibatkan gangguan pada telinga bahkan bisa mengakibatkan tuli. Jangan terlalu lama juga menggunakan headphone karena beratnya dapat mengakibatkan pusing.

Related Posts

5 Cara Aman Menggunakan Headphone
4/ 5
Oleh

1 komentar: