Sunday, March 31, 2019

3 Manfaat Daun Jambu Biji yang Perlu Anda Ketahui

Tak banyak diketahui, bahwa jambu biji sudah banyak digunakan oleh orang Indonesia sebagai obat-obatan alami sedari dulu kala. Dan disamping itu tidak hanya buah jambu bijinya saja yang memiliki manfaat untuk anda, melainkan daunnya pun memiliki manfaat untuk kesehatan dan juga untuk kecantikan. Untuk itu tak heran jika kini mulai banyak produk sirup dan kapsul daun jambu biji yang dijual di apotik-apotik terdekat di rumah anda. Lalu apa saja sih manfaat dari daun jambu biji ini? Berikut diantaranya : 


sirup dan kapsul daun jambu biji

Bisa mencegah diare
Ekstrak daun jambu biji sejatinya bisa menghambat pertumbuhan berbagai bakteri, termasuk bakteri penyebab terjadinya penyakit diare. Cara menggunakannya sebagai obat bisa terbilang cukup mudah, yakni tinggal tambahkan daun dan akar daun jambu biji kedalam secangkir air panas, kemudian saring airnya untuk bisa langsung diminum dalam keadaan perut yang kosong. 

Bisa membantu menurunkan kolesterol
Daun jambu biji juga sudah terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol pada seseorang. Dimana ada sebuah penelitian yang menghasilkan kesimpulan bahwa seseorang yang sudah meminum air saringan daun jambu biji, hasilnya kadar kolesterol mereka turun setelah 8 minggu. 

Bisa mencegah obesitas
Masalah yang tentunya tidak ingin dialami oleh setiap orang adalah obesitas atau lebih dikenal dengan memiliki berat badan yang berlebih. Adapun penyebab obesitas ini adalah konsumsi karbohidrat berlebih yang bisa berubah menjadi gula. Dan daun jambu biji ini bisa mencegah karbohidrat kompleks ini untuk berubah menjadi gula. 

Cukup banyak sekali bukan manfaat dari daun jambu biji ini? Untuk itu sebelum anda memutuskan untuk mengkonsumsi obat-obatan kimia untuk mengatasi problem di atas, sebaiknya anda mencoba terlebih dahulu untuk menggunakan daun jambu biji ini terlebih dahulu. Karena mengingat perubahan iklim Indonesia ini rentan sekali menjadi penyebab terjangkitnya suatu penyakit, anda harus bisa menjaga kesehatan anda dengan menerapkan pola hidup sehat dan rajin berolahraga. Jangan sampai anda terkena masalah sakit kepala yang berat, karena bisa mengganggu aktivitas anda sehari-hari. Untuk itu anda juga harus pintar-pintar dalam mengatasi sakit kepala berat ini, dengan cara terbebas dari rasa stress yang berlebihan. 

Merasakan gejala mual dan muntah pada ibu yang tengah dalam masa kehamilan biasanya dianggap menjadi suatu hal yang biasa. Namun, penyebab mual dan muntah ibu hamil ini bukan karena kehamilannya, melainkan pernah memiliki riwayat asam lambung sebelumnya. Untuk itu setidaknya dibutuhkan suatu pengetahuan yang lebih lanjut mengenai penyebab terjadinya rasa mual dan muntah yang terjadi pada ibu hamil ini. Jika dirasakan mual dan muntah yang berkepanjangan, maka tidak ada salahnya anda mengkonsumsi obat muntah aksi cepat yang diresepkan oleh dokter. 

Adapun berbagai penyebab rasa mual dan muntah yang melanda ibu hamil ini adalah sebagai berikut :

Adanya peningkatan kadar hormon estrogen pada saat menjalani kehamilan ini sejatinya bisa menjadi penyebab timbulnya rasa mual dan muntah. Dan tak hanya itu saja, peningkatan hormon estrogen ini juga bisa menyebabkan perubahan mood pada ibu hamil, sehingga tidak heran banyak ditemukan kasus ibu hamil yang hobi marah-marah, dan memiliki perubahan mood yang tidak jelas di setiap harinya.

Faktor psikologis merupakan salah satu faktor penyebab mual saat hamil. Apalagi 
bagi ibu hamil yang mengalami stress biasanya akan mengalami hal mual pada saat kehamilannya. Dan biasanya ibu hamil yang mengalami stress pada masa kehamilan tersebut biasanya dikarenakan kurang siapnya mental sang ibu, dalam menerima kehamilan yang tengah ia alami. 

Perubahan pola makan juga menjadi salah satu penyebab rasa mual dan muntah bagi ibu hamil. Sebaiknya ibu hamil hanya mengkonsumsi makan makanan yang bergizi dan kaya akan vitamin dan nutrisi agar kesehatan janinnya juga terjamin.

Dan selain harus menjaga pola makannya saat mengandung, pada saat menyusuinya pun harus diperhatikan dengan sama baiknya. Adapun berbagai makanan yang mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan saat menyusui adalah seperti makanan dan minuman yang mengandung vitamin B1, B6, B12, vitamin A serta vitamin lainnya seperti vitamin D, E, K dan C. Dan untuk mineralnya, bisa bisa didapatkan dari kacang-kacangan, sayuran, dan juga buah-buahan.

Related Posts

3 Manfaat Daun Jambu Biji yang Perlu Anda Ketahui
4/ 5
Oleh

2 komentar

April 6, 2019 at 8:23 AM delete

Emang master banget nih artikel, saya jadi tau manfaat daun jambu biji ini. thanks

Reply
avatar