Wednesday, December 21, 2016

Bernapas Dalam-Dalam Untuk Mempertajam Kinerja Otak

napas dalam

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mempertajam fungsi otak, salah satunya dengan cara mengambil napas dalam-dalam, seperti yang korrob.com kutip dari kompas berikut.
Mengambil napas dalam-dalam dapat membantu Anda menenangkan diri ketika dilanda stres, tetapi selain itu teknik pernapasan tersebut ternyata memiliki manfaat baru yang tak terduga.

Menurut para peneliti dari Northwestern University, mengambil napas dalam-dalam melalui hidung dengan mulut tertutup rapat, tak hanya membantu memperkuat otak Anda dalam berpikir, tetapi mempertajam memori Anda juga, Daily Mail melaporkan.

Studi ini melibatkan 60 orang peserta. Peneliti melihat perubahan yang terjadi di otak saat pesreta diminta bernapas dalam menggunakan hidung dan menghembuskannya. Hasilnya, peserta mampu mengidentifikasi dan mengingat hal-hal yang lebih jelas saat bernapas dalam melalui hidung.

“Salah satu temuan utama dalam penelitian ini adalah bahwa ada perbedaan dramatis dalam aktivitas otak di daerah amigdala dan hippocampus selama inhalasi (mengambil napas dalam) dibandingkan dengan bernapas biasa,” penulis utama Christina Zelano.

"Ketika seseorang bernapas dalam, kami menemukan ada yang merangsang neuron di korteks penciuman, amigdala dan hippocampus, serta seluruh sistem limbik," tambahnya.

Sehingga, bila Anda membutuhkan cara untuk mengingat sesuatu dalam waktu singkat, atau menjernihkan pikiran demi memori yang lebih baik, pejamkan mata dan ambil napas dalam selama 3 hitungan lambat, seraya mencoba mengingat atau berpikir.

Related Posts

Bernapas Dalam-Dalam Untuk Mempertajam Kinerja Otak
4/ 5
Oleh

1 komentar: